Jenis-jenis Bid dan Offer Yang Harus Kalian Ketahui Saat Trading Saham

 


Kalau kalian sudah terjun ke dunia saham, mungkin tidak asing dengan Bid dan Offer. Tapi untuk para pemula mungkin masih bingung, "Apa sih Bid atau Offer itu ?".


Jadi kali ini kami akan membahas apa itu Bid, Offer, dan Jenis-jenis yang kalian harus ketahui saat bertransaksi di Saham.


Simple nya :


Bid = Penawaran untuk beli, minat untuk beli, dan antri untuk beli.


Offer = Penawaran untuk jual, minat untuk jual, dan antri untuk jual.


Jadi arti dari Bid adalah semua harga penawaran untuk beli, dan Offer adalah semua harga penawaran jual. Namun dalam praktek sehari-harinya, trader memakai istilah Bid biasanya untuk harga penawaran beli tertinggi dan Offer untuk harga penawaran jual terendah.


Baca juga : Langkah Yang Harus Dipersiapkan Saat Fast Trading (Scalping)

Lalu apa saja jenis-jenis Bid dan Offer yang harus kalian ketahui ? berikut penjelasannya.


1. Bid dan Offer Yang Mencurigakan 


Bid & Offer seperti ini biasanya ada modus-modus tertentu. Dapat dilihat antrian pada Bid 118 - 120 yang terlihat lebih tebal dari pada Bid pada 116 - 117.


Skenario yang mungkin terjadi pada jenis Bid dan Offer ini adalah jika 121 berhasil dihabiskan maka jadi potensi yang bagus, namun jika gagal maka ada kemungkinan harga akan turun dibawah 118.


2. Bid dan Offer Volatil 


Bid dan Offer seperti ini biasanya terjadi saat saham tersebut sedang sangat volatil.


Skenario yang mungkin terjadi pada Bid dan Offer seperti ini adalah jika harga pada 120 habis maka akan ada potensi turun, namun jika 120 tidak habis maka harga akan ada kecenderungan naik hingga menyentuh 125.


3. Bid dan Offer Normal 


Bid dan Offer seperti ini biasanya terjadi hampir di semua saham dan jenis seperti ini sangat normal. Tidak ada skenario apa-apa karena pada setiap harga berisi antrian yang sama.


Namun, saat market sedang berjalan akan sulit untuk mengidentifikasi Bid dan Offer. Maka dari itu sebaiknya kita terus mengasah kemampuan dan keterampilan kita agar kita bisa sukses di dunia saham ini.


(sc/bs)

2 Comments

Post a Comment
Previous Post Next Post