Alasan Kenapa Kamu Harus Berinvestasi & Tips Berinvestasi


Dulu kita sering sekali bertanya dalam hati "Kenapa sih kita itu harus berinvestasi ? apakah menguntungkan ? atau malah membuat dompet terkuras ?"


Namun seiring berjalannya waktu, kita tersadar bahwa berinvestasi itu perlu kita lakukan. Karena banyak sekali orang-orang kaya diluar sana mereka tidak bekerja namun duit merekalah yang bekerja. 


Namun kita tetap harus waspada resikonya dalam berinvestasi karena di dalam market atau pasar ada yang namanya untung dan rugi. 


Tenang, kita akan membahasnya di artikel ini bahwa ada alasan kenapa kamu harus berinvestasi, di simak ya!


1. Menghindari Inflasi


Nilai uang tunai di setiap tahunnya akan mengalami penurunan karena tergerus inflasi sebesar 3%. Jadi sebaiknya uang tunai di luar dana darurat kita bisa kita investasikan saja agar tidak tergerus inflasi.


Inflasi itu apa sih ? Inflasi itu adalah kondisi dimana harga barang maupun jasa akan terus naik dan berlangsung terus menerus. Misalnya seperti harga bahan pokok yang terus naik, sedangkan daya beli masyarakat semakin berkurang karena mahalnya harga bahan pokok.


2. Mempersiapkan Masa Tua


Ini nih alasan yang mimin paling suka karena berinvestasi itu seperti menabung untuk masa tua kita nanti. Siapa sih yang tidak mau di hari tua nanti duduk di rumah sambil ngopi santai tanpa perlu sibuk bekerja lagi. Pastinya kalian juga pengenkan menikmati hari tua dengan bersantai bersama keluarga, dan biarkan asset kita yang bekerja untuk kita.


3. Financial Freedom


Kalau alasan ketiga ini juga sebenarnya mimin juga mendamba-dambakan nih yaitu Financial Freedom, suatu kondisi dimana kita mengalami yang namanya kebebasan dalam masalah financial. Jadi, kita punya kekayaan yang bisa mencukupi semua kebutuhan kita tanpa harus bekerja keras lagi.


4. Modal Kecil


Sekarang berinvestasi saham itu bisa dengan modal kecil lho, misalnya Rp 100.000 saja. Dan kamu juga tidak diharuskan untuk membeli saham dalam jumlah yang banyak, tapi kamu bisa membeli saham dengan cara mencicil secara rutin atau bisa di katakan Dollar Cost Averaging


5. Return Tinggi


Jika kamu berinvestasi saham maka kamu akan diberikan keuntungan paling besar dalam jangka panjang dibandingkan dengan bermacam-macam investasi lainnya.


Baca juga : Mengenal Macam-macam Investasi


6. Bersifat Legal Atau Sah


Investasi akan terasa aman dan nyaman karena investasi di sektor pasar modal berada di bawah pengawasan OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Yang berarti investasi saham itu bersifat legal atau sah secara hukum.


7. Transparan Dan Likuid


Saham bersifat transparan karena kita bisa melihat dengan jelas berapa harga permintaan dan penawarannya, serta jumlah lot yang ditawarkan maupun di minta. Dan saham dikatakan bersifat likuid karena mudah dicairkan atau mudah dijual.


8. Disimpan Atau Diwariskan


Aktifitas berinvestasi saham bisa dilakukan seumur hidup sampai tua. Selain itu juga saham yang dibeli bisa disimpan dan bisa diwariskan ke anak cucu kita nanti.


Nah, 8 alasan ini yang mengharuskan kamu untuk berinvestasi dimulai dari sekarang, supaya masa depan nanti kamu tidak perlu lagi bekerja keras karena sudah diantisipasi dari hari ini. 


Sebelum kamu berinvestasi, kita ada tips nih apa saja yang harus kamu lakukan dalam berinvestasi saham, disimak terus ya!


1. Gunakan Uang Dingin


Saat kamu sudah memulai investasi saham pastikan kalau uang yang kamu gunakan adalah uang dingin atau uang yang nganggur ya. Jangan gunakan uang yang di biasa dipakai untuk kebutuhan hidup sehari-hari atau keperluan penting lainnya, karena akan sangat berbahaya sekali.


Jadi mulailah dengan dana yang kecil saja dulu, namun terus konsisten kedepannya.


2. Memilih Saham Yang Produknya Sering Dipakai


Karena di dalam BEI (Bursa Efek Indonesia) itu ada lebih dari 500 saham yang pasti akan membuat kamu bingung apalagi kamu pemula. 


Maka cara yang paling sederhana adalah dengan memilih saham yang produknya sering digunakan dalam kehidupak kita sehari-hari.


3. Jangan Terlalu Ambisius


Jauhkan mindset ingin cepat kaya dari saham karena lihat orang lain bisa terus mendapatkan cuan setiap hari. Nantinya kamu malah ambisius dan terbawa emosi ketika berinvestasi karena terobsesi dengan cuan terus.


Ingat kamu itu pemula, jadi manfaatkanlah waktu yang ada untuk belajar supaya kedepannya semakin baik dan kamu tahu strategi apa yang baik dalam berinvestasi saham.


Baca juga : Strategi Investasi Saham Untuk Pemula


4. Update Ilmu Dan Rajin Analisa


Tidak ada kata terlambat untuk belajar, kamu sebagai seorang investor saham harus siap untuk belajar banyak hal supaya semuanya dapat berjalan sesuai dengan tujuan investasi kamu.


Berhati-hatilah juga dalam mengikuti informasi sebuah saham yang beredar karena bisa saja nantinya kita akan merugikan karena hanya ikut-ikutan tanpa kamu menganalisanya sendiri.


Nah itu tips buat kamu sebelum memulai untuk berinvestasi, semoga bermanfaat ya.


(sc/psid)

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post