Tips Investasi Terbaik Untuk Karyawan


Jika kamu sebagai karyawan sebuah perusahaan dan kamu sudah memikirkan untuk investasi tapi belum tau harus mulai dari mana, pas banget nih kita ada tips-tipsnya lho buat kamu, disimak ya...


1. Fokus Untuk Selalu Sisihkan Pendapatan Bulanan Untuk Investasi


Dari gaji bulanan, kamu bisa sisihkan berapapun untuk ditabung di rekening investasi saham kamu, langsung sisihkan di awal ya, karena kalau di akhir di khawatirkan tabungan kamu terpakai untuk keperluan lainnya.


Berapa % nih untuk investasi ? itu semua tergantung kemampuan dan kondisi keuangan kamu juga, pada intinya sih kamu bisa menyisihkan berapapun langsung di awal biar tidak tercampur dengan kebutuhan lain atau bahkan kamu lupa untuk menyisihkannya.


Baca juga : Tips Memilih Saham Untuk Pemula


2. Fokus Untuk Belajar


Banyak yang begitu top up ke rekening, langsung nanya "Beli saham apa ya ?" Saran kita sih, coba kamu banyak belajar dulu dengan mempelajari saham-saham yang ada di bursa, kamu jangan fomo, selalu akan ada kesempatan buat kamu di market.


Dengan banyak belajar, kamu bisa membandingkan beberapa perusahaan yang ada lalu kamu filter dan dapatkan yang menurut kamu itu terbaik. Anggap saja ini kaya main game RPG dan kamu lagi ngebuka Peta untuk bisa mencari jalan yang terbaik.


3. Fokus Untuk Mencari Saham Yang Bagus Dan Juga Murah


Jangan fokus untuk mencari "saham apa yang akan naik" tapi "saham apa yang bagus dan lagi murah". Jika kamu fokus mencari saham yang lagi akan naik, ini bikin kamu fomo dan tidak jelas yang pada akhirnya kamu rugi sangat banyak.


Sejarah sudah mencatat, membeli perusahaan yang bagus dan murah akan memberikan imbal hasil yang baik dalam jangan panjang. So, better stick with it!


4. Analisa Satu Atau Dua Saham Yang Kamu Suka


Sampai sini paham ? apa competitive advantage saham yang lagi kamu incar, kenapa orang mau beli produknya, apa yang membuat saham itu unik dari yang lain, bagaimana kondisi keuangannya, apa masalah yang sedang di hadapi saham tersebut, bagaimana manajemen merespon saat kondisi perusahaan sedang kritis, dan masih banyak lagi.


Pahami history di satu atau dua saham itu dengan rinci, ikuti dan update terus perkembangannya. Jika harganya masih mahal, kamu bisa masukkan sebagai watchlist lalu cari saham yang kedua yang kamu suka.


5. Jangan Terburu-Buru Ingin Cepat Kaya


Investasi hari ini, besok sudah pengen kaya ? ya tidak bisa lah brader! semua itu pasti butuh proses, seperti kamu main RPG tadi, kalau kamu baru mulai maen game di level yang tinggi ya tidak bisa dan tidak seru juga.


Yang bikin seru itu proses explore mapsnya, ngumpulin item-itemnya, jalanin slide questnya, frustasi lawan bosnya, nemu harta karun, dan sebagainya. Enjoy the process.


6. Kembangkan Habit Untuk Analisa Saham


Sediakan sedikit waktu untuk kamu bisa analisa emiten secara fundamental. Ingat, kamu dalam proses banyak belajar jadi ini harus dilakukan rutin.


Gali terus histori di satu emiten tersebut, prospek industrinya, waluasi harganya, Oh iya soal valuasi, jangan terburu-buru hitung harganya, cek dulu historinya dan verifikasi sambil jalan ini jauh lebih penting.


Nah itu dia tips dari kita, asah terus kemampuan kamu dalam investasi, jangan terburu-buru karena semua itu butuh proses, lalu nikmati prosesnya untuk mendapatkan hasil yang terbaik. semoga bermanfaat


(sc/mc)

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post