Tujuan Dari Investasi


Kita langsung saja ke topiknya ya!

Tujuan Investasi merupakan menjaga nilai uang maupun kekayaan kita dari inflasi. Bahkan, bisa menjadi sarana untuk menciptakan profit. Atau menjadi penentu utama untuk bisa mendapatkan keuntungan di kemudian hari.

Karena itu, penting bagi kamu untuk bisa menentukannya dari sekarang.

Disini kita akan membahas tujuan dari investasi itu sendiri, disimak ya!

1. Tujuan investasi untuk jangka panjang

Pertama yang akan kita bahas adalah investasi untuk jangka panjang. Investasi jangka panjang merupakan penanaman modal dengan penantian waktu yang tidak sebentar agar kita bisa mendapatkan keuntungan. Nah biasanya, untuk investasi jangka panjang membutuhkan waktu sekitar 1-10 tahun.

Dan berikut adalah tujuan untuk kamu yang ingin berinvestasi jangka panjang.

• Persiapan pensiun

Banyak orang yang belum siap ketika memasuki masa pensiun dari pekerjaannya. Sehingga, mereka melakukan investasi sejak awal bekerja. 

Disini kamu bisa mempersiapkan dana pensiun supaya di masa tua nanti semua kebutuhan kamu bisa terpenuhi.

• Mengamankan kekayaan 

Dengan kamu berinvestasi, kamu bisa meminimalisir penurunan nilai aset yang mungkin bisa saja terjadi akibat inflasi.

Disini kamu bisa menyimpan kekayaan dalam bentuk investasi. Contohnya, investasi saham, emas, obligasi, maupun deposito.

• Biaya pendidikan anak

Jika kamu sudah memiliki anak, tentunya kamu harus mempersiakan biaya pendidikan sedini mungkin mulai dari Taman kanak-kanak (TK) hingga kuliah di universitas yang berkualitas nantinya. Karena biaya pendidikan bukanlah nominal yang sedikit.

Dari 3 tujuan investasi jangka panjang, mana yang sudah kamu rencanakan ? atau kamu sudah melakukannya ? Kalau kamu belum memulai, mungkin artikel dibawah ini bisa menjadi referensi buat kamu


2. Tujuan investasi jangka pendek

Salah satu tujuan kamu melakukan investasi sudah pasti untuk memperoleh imbal hasil dalam waktu singkatkan ?

Dan berikut adalah tujuan untuk kamu yang ingin berinvestasi jangka pendek

.• Mendapatkan tambahan dana

Umumnya, bentuk return adalah berupa kenaikan harga saham (capital gain) yang bisa dijadikan sebagai dana tambahan untuk kehidupan kamu sehari-hari.

• Memanfaatkan Cash Flow

Dan berikutnya, dengan kamu berinvestasi dalam jangka pendek kamu bisa memaksimalkan penggunaan laporan keuangan atau cash flow.

Karena, dengan laporan ini kamu bisa menjaga kondisi keuangan dan pemasukan maupun pengeluaran dapat terkontrol dengan baik.

• Bisa melakukan pencairan kapanpun

Dengan investasi yang cukup singkat atau jangka pendek, kamu bisa mencairkan modalnya kapan saja yang kamu mau.

Sehingga, ketika kamu membutuhkan dana yang sangat mendesak, modal atau keuntungan tersebut bisa kamu ambil dan gunakan tanpa terpotong biaya sanksi.

Nah itu merupakan tujuan-tujuan dari investasi, bagaimana dengan investasi kamu ? Apakah kamu sudah memulainya ? atau masih mencari referensi untuk bisa memulai investasi ?

Pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah dengan memulainya, mulailah dengan merencanakan dari sekarang baik itu investasi jangka pendek maupun jangka panjang, karena pastinya akan berguna untuk masa depan kita nantinya.

Karena sebaik-baiknya rencana adalah dengan kamu memulainya, kamu bisa memulainya dengan modal yang terjangkau dan terus asahlah kemampuan kamu supaya bisa membuat modal kamu yang mungkin awalnya kecil bisa menjadi lebih banyak.

Jika sudah bisa menghasilkan lebih banyak keuntungan, kamu bisa menginvestasikannya ke jangka waktu yang panjang, supaya tidak khawatir dengan masa depan yang sudah kamu persiapkan dari sekarang, atau kamu bisa mengkombinasikan sekaligus antara investasi jangka panjang dan janga pendek.
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post