5 Tips Menemukan Saham Multibagger


Sebelum jauh mengetahui bagaimana cara mencari saham multibagger atau yang biasa disebut saham bagger, kamu harus tahu dulu apa itu saham bagger dan ciri-cirinya.


Bagger sebenarnya berasal dari istilah bag yang merujuk atau yang berasal dari permainan baseball yang menunjuk pada "Base" yang merupakan ukuran kesuksesan seorang pemain.


1 bagger merupakan saham yang akan menghasilkan return 1x dari investasi awal (100%)


2 bagger merupakan saham yang akan menghasilkan return 2x dari investasi awal (200%)


Sedangkan Multibagger merupakan saham yang akan menghasilkan return berkali-kali lipat dari hasil investasi awal (...%)

Lalu untuk mendapatkan saham multibagger tersebut kamu harus tahu ciri-cirinya.


1. PER sekecil mungkin


PER itu dihasilkan dari perhitungan harga saham dibagi dengan laba per saham atau Earning Per Share (EPS). Jika EPS negatif maka PER pun juga ikut negatif, begitupun sebaliknya ketika EPS positif.


PER juga tidak selalu jadi acuan, investor atau trader bisa juga menggunakan Return Of Investment (ROI) dan Price to Book Value (PBV).


Baca juga : Cara Sederhana Membaca Candlestick


2. Pertumbuhan laba konsisten dalam 5 tahun


Perusahaan yang konsisten mencetak laba selama 5 tahun terakhir, bisa juga dikatakan perusahaan tersebut adalah perusahaan yang anti krisis atau fundamental perusahaannya bagus walaupun bisa terpengaruh oleh sentimen-sentimen yang ada.


3. Pertumbuhan laba dan ekuitasnya naik


Selain mencetak laba dalam 5 tahun terakhir, kamu juga bisa perhatikan ekuitas perusahaannya apakah naik atau bahkan turun.


4. Penggunaan hutang yang sedikit


Sedikitnya hutang perusahaan menandakan perusahaan tersebut sangat efektif dalam mengelola aset dan tidak membutuhkan biaya tambahan dalam berekspandi karena adanya risiko dalam hutang.


Kalau bisa kamu temukan perusahaan yang memiliki kas melebihi jumlah hutangnya, terutama untuk hutang jangka panjang ya..


5. Saham tersebut anti krisis


Berbeda halnya dengan Point 2, saham yang anti krisis biasanya memiliki bidang bisnis dan fundamentalnya bagus, sehingga lebih cepat pulih.


Harga saham mungkin bisa saja jatuh untuk sesaat namun akan lebih cepat pulih selama bidang bisnisnya tetap menjadi kebutuhan masyarakat dan management termasuk sang pemilik yang memiliki reputasi yang cukup bagus.


Sebenarnya ada banyak sekali cara untuk kamu bisa mendapatkan saham multibagger, selain beban hutang perusahaan yang masih dalam level yang wajar, dan mampu tumbuh setiap tahunnya, kamu juga bisa mendapatkan saham multibagger.


Kuncinya, untuk memaksimalkan keuntungan cari saham yang murah, tetapi memiliki potensi selama beberapa tahun kedepan.


Lalu carilah emiten yang bergerak dalam sektor pasar potensial atau tidak semua industri punya peluang untuk berkembang di masa depan, dan juga emiten yang kamu pilih harus mempunyai keunggulan dibanding kompetitor di sektornya.


Baca juga : 6 Tips Untuk Menentukan Waktu Terbaik Menjual Saham


Intinya kamu harus fokus pada perspektif jangka panjang dari saham multibagger, jika emiten yang kamu pilih sedang terdampak sentimen negatif itu tidak masalah, selama bisa memenuhi kriteria potensial yang sudah dijelaskan tadi, dan justru saat itulah kamu bisa mendapatkan saham yang murah dan berpotensi multibagger. 


Satu hal yang perlu kamu pahami bahwa multibagger mempunyai 2 tipe, yaitu :


1. Multibagger Gorengan

Ciri-ciri dari saham multibagger gorengan adalah 

- Faktor terbesar karena sentimen atau katalis
- Jangka waktunya biasanya pendek
- Fundamental tidak berpengaruh
- Lebih cocok untuk trading
- Harus meluangkan waktu untuk melihat pergerakan harga


2. Multibagger Sehat


Ciri-ciri dari saham multibagger sehat adalah

- Faktor terbesar karena fundamental
- Memerlukan waktu yang cukup lama
- Cocok untuk mereka yang cari aman, tenang dan juga santai


Nah, itulah 5 Tips Menemukan Saham Multibagger, kamu bisa mencobanya dirumah dengan memperhatikan tipe multibagger mana yang akan kamu ambil. sekian..

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post