Tips Sukses Di Dunia Saham


Dalam trading biasanya kita memiliki aturan-aturan yang memang harus di pegang ya.


Aturan ini yang bisa menjadikan trading kita menjadi lebih disiplin sehingga bisa mendapatkan cuan yang lebih besar dan juga konsisten.


Nah, umumnya para trader maupun investor pasti pernah dan mungkin masih mengalami beberapa kesalahan yang seharusnya tidak perlu dilakukan yang bisa mengakibatkan loss dalam jumlah yang tidak sedikit.


Dan hal-hal berikut ini yang harus kamu sadari dan hindari supaya kamu bisa sukses di dunia saham, lalu kesalahan-kesalahan apa saja sih ?


1. Tidak mempunyai plan


Kesalahan pertama para trader adalah mereka tidak mempunyai plan yang jelas atas tindakan jual maupun belinya. Sehingga para trader ini suka terjebak saat membeli saham yang mungkin saja sudah resist sehingga bisa menyebabkan kamu loss.

Sebelum melakukan aktifitas trading, sebaiknya kamu menyusun trading plan supaya trading kamu bisa berjalan dengan baik. 

Untuk menyusuk trading plan, kamu bisa membacanya di artikel ini ya Menyusun Trading Plan Agar Kamu Tidak Gagal Dalam Investasi Saham. atau kamu bisa baca artikel ini Pentingnya Menerapkan Trading Plan Agar Tidak Boncos


2. Mindset Cepat Kaya


Kalau kesalahan ini mungkin semua orang pernah mengalaminya ya, pengen cepet kaya makanya mereka nyoba-nyoba untuk masuk ke dunia saham. Sebenarnya ini tidak salah kok, tapi setidaknya kamu harus sadar kalau sukss itu butuh proses dan tidak bisa didapatkan secara instan.

Dan banyak sekali orang yang terjun ke dunia saham dengan harapan supaya cepat kaya sehingga akan menjalankan berbagai cara supaya cepat kaya dan tidak mau belajar serta berproses di pasar modal.

Jika kamu masih baru di dunia saham, kamu harus banya belajar. Bahkan seorang trader profesional pun tak luput dari loss apalagi kamu yang baru.

Belajar dan berproses merupakan dua hal yang wajib jika kamu sudah masuk ke dunia saham ya.


3. Tidak menimbang resiko


Kamu sudah tahu kan kalau pasar modal atau dunia saham itu memiliki resiko yang sangat tinggi sehingga diperlukannya manajemen resiko yang baik supaya modal yang kamu gunakan untuk aktifitas trading akan tumbuh secara konsisten.

Nah disini kamu perlu adanya money management ya.

Resiko tidak menggunakan money management itu contohnya kamu asal all-in dan tidak disiplin cutloss di saham gorangan, sehingga ketika saham kamu nyangkut kamu hanya bisa terdiam dan menunggu harga saham tersebut naik kembali, kalau saham tersebut naik kamu beruntung, coba kalau saham yang kamu beli malah turun ? pastinya rugi besarkan.

4. Overtrade


Pasti kamu sudah seringkan mendengar kata overtrade ini, ya overtrade itu kesalahan yang fatal karena ketika para trader dalam satu hari itu mengalami overtrade maka psikologi, plan dan juga resiko akan di abaikan karena nafsu ingin cepat profit dalam jumlah yang banyak atau mengurangi loss yang sering berakibat hilangnya profit dan semakin loss.

Kesalahan ke empat ini bisa kamu hindari ketika bisa melakukan aktifitas trading dengan hati yang tenang dan juga bijak dalam menentukan pilihan.

Semakin kamu bernafsu ingin cepat profit, maka semakin berkurang juga modal yang kamu bisa gunakan.


5. Mudah panik saat trading


Ini salah satu yang tidak bisa kamu hindari juga, terkadang ketika kamu masuk di saham yang mempunyai kinerja yang baik pun ketika turun sedikit pasti kamu sudah panik dan ingin cepat cutloss.


Selama kamu membeli saham bukan gorengan sebaiknya kamu bisa wait and see terlebih dahulu apalagi jika saham tersebut masih dalam keadaan akumulasi.


6. Mudah putus asa


Mungkin banyak trader pemula yang sudah melakukan banyak kesalahan saat aktifitas trading dan langsung merasa putus asa dengan mencairkan seluruh modal yang tersisa.


Seharusnya kamu banyak belajar dari kesalahan yang sudah kamu buat, supaya kesalahan-kesalahan yang pernah kamu alami tidak terulang kembali.


7. Tidak paham analisa saham


Kesalahan terakhir ini merupakan sebuah hal yang menandakan belum siap menjadi trader saham yaitu tidak paham analisa, dari analisa fundamental maupun teknikal.


Dan sebenarnya bukan tidak paham menganalisa ya tapi lebih ke malas untuk belajar cara menganalisa saham.


oh iya, ada rekomendasi nih untuk kamu Cara Mudah Menganalisa Saham.


Intinya trading saham itu bukan hanya sekedar main-main ya, tapi kamu harus mempersiapkannya dengan sangat matang, karena yang kamu pertaruhkan disini adalah sebuah asset yang kamu punya yaitu uang.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post