Belajar Trading Saham Harus Mulai Dari Mana ?


Untuk kamu yang pemula dan mau belajar trading saham, pasti sering bertanya-tanya belajarnya harus mulai dari mana ya ?

Sebelum kamu terjun ke dunia saham dengan menggunakan modal yang cukup besar sepertinya berbahaya dan bisa mengakibatkan banyak kerugian pastinya.

Akan lebih baik jika kamu mengerti terlebih dahulu konsep trading itu seperti apa, dan apa saja yang harus dipelajari.

Nah, disini kita akan bahas untuk kamu yang pemula yang ingin belajar saham, apa saja yang harus kamu pelajari terlebih dahulu, supaya tidak berakibat fatal jika sudah masuk ke pasar modal.

1. Pahami konsep trading

Langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah dengan belajar bagaimana trading itu bekerja, apa sih trading itu, lalu instrumen apa saja yang bisa di tradingkan, dan trading apa yang bukan kaleng-kaleng.

Hal ini sangat penting supaya kamu tahu instrumen apa saja yang akan di tradingkan, lalu bagaimana caranya trading dengan instrumen tersebut.

Pada intinya kamu harus mengerti terlebih dahulu konsep trading itu sendiri, jika sudah dipahami bisa lanjut ke step selanjutnya.

2. Pahami mindset trading

Jika kamu sudah belajar bagaimana trading bekerja, selanjutnya adalah dengan belajar mindset trading yang harus dimiliki oleh seorang trader.

Karena mindset ini akan sangat menentukan bagaimana psikologi trading kita dan juga bagaimana caranya kita akan trading nantinya.

Mindset trading ini sangat penting lho, karena akan menentukan kamu kedepannya trading kamu akan seperti apa.

Jika mindset trading sudah kamu kuasai, pikiran kamu tentang trading akan lebih terbuka dan kamu akan lebih mudah memahaminya seiring berjalannya waktu.

3. Pentingnya money management

Jika dua step diatas sudah kamu pahami dan kuasai selanjutnya adalah kamu harus belajar bagaimana money management instrumen yang akan kita tradingkan.

Belajar money management akan banyak sekali manfaatnya, karena akan berkaitan dengan modal, jual beli, dan juga resiko yang akan kamu hadapi nantinya.

Jika kamu ingin lebih mengerti seperti apa dan bagaimana belajar money management, mungkin artikel ini akan membantu kamu memahami lebih jauh mengenai money management (artikel : Belajar Money Management Di Saham)

4. Pahami Sistem Trading

Terakhir adalah kamu harus mengerti sistem trading, biasanya di dalam sistem trading ini berhubungan dengan analisa teknikal dan bagaimana caranya kamu untuk entry serta cutloss dari pasar modal.

Kamu harus memiliki sistem trading sendiri, karena dengan begitu kamu akan bisa menguasai pasar modal yang sudah kamu analisa.

Nah itu dia step-step untuk kamu yang masih bingung, belajar saham itu harus mulai dari mana. Jika ke empat step tadi sudah kamu kuasai, kamu akan merasa enjoy ketika dihadapkan dengan berbagai kondisi market setiap harinya.


Setelah memahami arti dari trading itu sendiri, selanjutnya adalah mencari cuan di hari pertama kamu trading, dan banyak hal yang mungkin akan kamu pertanyakan, pertanyaan apa saja sih ?

Dan ini 3 hal yang selalu di pertanyakan dari seorang trader pemula

1. Harus beli saham apa ya ?

Tips untuk pertanyaan pertama adalah kamu harus memilih perusahaan yang luar biasa, contohnya :
- Keuangan perusahaannya sehat
- Profitabilitasnya juga baik
- Efisien
- Growth perusahaan baik
- Prospek kedepannya cerah
- Dan juga managementnya yang berintegritas

2. Kapan kamu harus beli ?

Sebenarnya untuk pertanyaan kedua itu simple, kamu bisa beli saat perusahaan yang kamu incar tersebut dihargai lebih murah daripada harga yang sewajarnya, caranya :

- Kamu harus mengetahui harga wajarnya perusahaan tersebut
- Kamu harus set margin of safety (MoS)
- Jika perusahaan tersebut masuk ke dalam margin of safety, kamu harus beli. Namun jika perusahaan tersebut belum masuk ke dalam margin of safety, lebih baik kamu menunggu terlebih dahulu.

3. Lalu kapan kamu harus jual ?

Gampang! kamu harus menjual saham saat sudah mencapai target price yang sudah kamu tentukan, caranya :

- Selalu memperbaharui hitungan valuasi
- Harus tahu harga wajar saham tesebut
- Selalu update target price
- Jika sudah mencapai target price, kamu bisa mencicil untuk jual. Namun jika belum, lebih baik kamu menunggu terlebih dahulu.

Belajar trading saham itu mudah kok, kamu hanya perlu pengalaman yang lebih untuk bisa menguasai pasar modal.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post