5 Faktor Penyebab Saham Terkena Suspend


Mungkin banyak dari kalian pernah mendengar apa itu suspend, tapi belum mengetahui lebih lanjut apa arti dari suspend dan faktor apa saja yang menyebabkan saham tersebut terkena suspend.


Arti suspend adalah diberhentikan, jadi suspend saham adalah saham yang dihentikan sementara perdagangannya oleh otoritas bursa, nah dalam hal ini BEI.


Jadi kamu tidak bisa membeli ataupun menjual saham dalam kurun waktu tertentu sampai ada pemberitahuan pencabutan suspend.


Suspend juga bisa dikatakan salah satu bentuk sanksi dari BEI kepada para emiten, lalu kenapa saham bisa kena suspend ?


Nah inilah 5 faktor penyebab saham terkena suspend :


1. Pergerakan harga saham yang tidak wajar


Harga sahm perusahaan terus bergerak dalam aktifitas yang tidak wajr atau biasa dikenal dengan istilah UMA atau Unusual Market Activity.


Kamu perlu tahu, sebelum emiten terkena suspend biasanya BEI akan menetapkan status emiten tersebut sebagai UMA terlebih dahulu.


2. Perusahaan mengalami masalah berkepanjangan


Sebenarnya mungkin ada banyak masalah yang sering dihadapi perusahaan, misalkan saja perusahan yang terbelit kasus utang piutang secara berkepanjangan, atau ad bentuk daripada penggelapan dana perusahaan tersebut sehingga beragam aktifitas operasional perusahaan tidak bisa berjalan dengan seharusnya.


3. Kebijakan perusahaan tidak diungkapkan ke publik


Kebijakan seperti apa ? kita ambil contoh jika perusahaan tersebut melakukan merger atau melakukan tindakan akuisisi yang akan berujung menjadi sebuah rumor yang membuat pergerakan harga saham menjadi tidak wajar.


Kebijakan perusahaan seperti inilah yang tentunya memiliki tujuan yang tidak jelas dan bisa mengakibatkan perusahaan tersebut terkena suspend.


4. Perusahaan terlambat menyampaikan kewajiban kepada BEI


Perusahaan-perusahaan akan terkena suspend jika perusahaan tersebut terlambat menyampaikan kewajibannya kepada BEI, dalam hal ini adalah deadline laporan keuangan, pembayaran denda keterlambatan, belum membayar biaya anual listing fee dan masih banyak lagi.


Jadi, jika perusahaan yang terkena suspend tentunya tidak selalu berkaitan dengan kenaikan ataupun penurunan harga perusahaan yang pada dasarnya tidak wajar.


5. Saham gorengan


Pasti kamu pernah mendengarkan saham gorengan adalah saham yang memiliki kinerja buruk dan valuasi yang rendah sehingga pergerakannya tidak wajar.


Resiko dari membeli saham gorengan adalah saham tersebut masuk kedalam kategori Unusual Market Activity dan bisa berpotensi terkena suspend.


Lalu apakah ada sanksi dari BEI untuk perusahaan yang terkena suspend ? Berikut adalah urutan dari sankai-sanksi yang diberlakukan oleh BEI :


1. Denda maksimal adlah Rp. 500.000.000

2. Teguran tertulis

3. Peringatan tertulis

4. Larangan sementara untuk melakukan aktifitas perdagangan di bursa

5. Pencabutan keanggotaan bursa


Setelah kamu mengetahui arti dari suspend, lalu kenapa sih tujuan adanya suspend ?


Tujuan suatu saham dikenakan suspend adalah sebagai upaya Bursa Efek Indonesia atau BEI utnuk menjaga agar pasar modal tetap teratur, wajar, dan juga efisien.


Suspend juga merupakan saham satu sanksi yang cukup berat lho, yaitu di tingkat 4. Hanya satu tingkat sebelum sanksi terberat, yaitu perusahaan tersebut dikeluarkan dari bursa atau delisting.


Kamu pernah koleksi saham yang terkena suspend ?


Sebelum kamu mengoleksi saham yang terkena suspend, lebih baik kamu tahu kriteria saham atau perusahaan yang mudah mendapatkan sanksi suspend.


1. Harga saham murah atau bisa dikatakan sangat murat, kamu perlu berhati-hati jika menemukan saham yang sangat murah.

Misalnya harga Rp. 100 jika terjadi kenaikan Rp 80 maka telah terjadi kenaikan 80% maka terkena suspend.

2. Saham perusahaan jarang diperdagangkan alias tidak likuid atau saham yang tertidur.

3. Kinerja perusahaan yang buruk bahkan perusahaan tersebut banyak utang.

4. Asset dan kapitalisasi pasar perusahaan kecil sehingga mudah terkena suspend.


Nah itu dia beerapa penjelasan mengenai faktor penyebab saham terkena suspend dan beberapa kriteria saham yang mudah terkena suspend.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post